Graforum Les Online

Les Bahasa Inggris

Les Mata Pelajaran SD-SMA

Kursus CPNS

Kerjakan Tugas Sekolah Bersama Kami

Jumat, 26 Juni 2020

Mengenal Present, Past, dan Future Continuous Tense



Mengenal Present Continuous Tense dalam Bahas Inggris

Belajar bahasa Inggris belum lengkap jika kamu belum paham tentang tense yang ada. Tense sangat penting dipelajari jika kamu memang ingin menguasai bahasa inggris dengan mudah. Seperti salah satunya yaitu belajar mengenal present continuous tense dalam bahasa inggris.

Present continuous tense merupakan sebuah bentuk tense yang digunakan untuk menyatakan sebuah tindakan yang dilakukan berlangsung pada waktu sekarang dan berlangsung dalam beberapa waktu tertentu. Present continuous tense menunjukkan kejadian dari sebelum terjadi, selama terjadi, dan berlanjut sampai setelah sebuah kejadian terjadi.

Rumus Present Continuous Tense

Rumus present continuous tense sendiri terdapat 3 macam, yaitu digunakan ketika menyatakan kalimat positif, menyatakan kalimat negatif, dan juga menyatakan kalimat tanya. Untuk lebih jelasnya simak penjelasan rumus berikut ini:

Kalimat Positif

S + to be (is/am/are) + verb ( - ing)

Contoh kalimat :

  • Rendi is playing football with his friends.

  • He is sleeping right now.

Kalimat Negatif

S + to be (am/is/are) + not + verb ( -ing)

Contoh kalimat :

  • Rendi is not playing football with his friends today.

  • He is not sleeping right now.

Kalimat tanya/ interrogative

To be (am/is/are) + S + verb ( -ing) + ?

Contoh kalimat :

  • Is Rendi playing football with his friends today?

  • Is he sleeping right now?

Walaupun digunakan dalam kegiatan sehari-hari namun perlu kamu ketahui bahwa present continuous tense ini tidak digunakan untuk semua kegiatan sehari-hari. Ada beberapa kata kerja yang tidak digunakan dalam present continuous tense. Berikut ini beberapa kata kerja yang tidak digunakan pada present continuous tense :

  • Kata kerja yang mengandung perasaan atau emosi

Contohnya : love, like, want.

  • Kata kerja yang tidak menggunakan indra manusia

Contohnya : taste, see, hear.

  • Kata kerja yang menunjukkan sebuah ekspresi pendapat, pengetahuan, dan juga kepercayaan

Contohnya : believe, think, know.

  • Kata kerja yang menjelaskan tentang kepemilikan.

Contohnya : have, belong, own.

Demikian penjelasan mengenai present continuous tense. Jika kamu memang ingin menguasai bahasa inggris dengan baik, maka sebaiknya kamu perlu mempelajari satu persatu tense yang terdapat pada bahasa inggris sebab tense sendiri akan digunakan dalam perbincangan sehari-hari didalam bahasa inggris.

****

Mengenal Past Continuous Tense

Tense merupakan sebuah rumus dalam bahasa inggris yang wajib kamu kuasai sebab tense sendiri akan sangat berguna dalam kehidupan sehari-hari untuk berbicara. Pada kesempatan kali ini mari ketahui mengenai salah satu tense yang ada yaitu past continuous tense.

Past continuous tense merupakan bentuk salah satu tense yang menyatakan tentang sebuah kejadian yang sedang berlangsung dalam waktu tertentu di waktu lampau. Dimana bentuk dari tense ini menunjukkan bahwa suatu kejadian tersebut terjadi sebelum, selama, dan juga berlanjut hingga waktu yang akan datang.

Rumus Past Continuous Tense

Setelah memahami mengenai pengertian dari past continuous tense maka selanjutnya kamu perlu mengetahui rumus dari past continuous tense dalam bahasa inggris. Berikut ini rumus dari past continuous tense :

Kalimat Positif

S + to be (was/were) + verb (-ing) + …

Contoh kalimat :

  • Rani was waiting for Dena yesterday

  • Joni was discussing Jono`s birthday party with Jojo

Kalimat Negatif

S + to be (were/was) + not + verb (-ing) + …

Contoh kalimat :

  • Rani was not waiting for Dena yesterday

  • Joni was not discussing Jono`s birthday party with Jojo.

Kalimat Interrogatif

To be (was/were) + S + verb (-ing) + ?

Contoh kalimat :

  • Was Rani waiting for Dena yesterday ?

  • Was Joni discussing Jono`s birthday party with Jojo?

Past continuous tense ini sama dengan penggunaan present continuous tense dimana kata kerja yang statis umumnya tidak digunakan dalam tense tersebut seperti ketika menunjukkan perasaan, menunjukkan kepemilikkan, maupun menunjukkan kepercayaan.

Oleh sebab itu, kita harus memperhatikan dan mencermati penggunaan kata kerja pada past continuous tense agar menghasilkan sebuah kalimat yang pas dan juga tepat dengan begitu kita akan dengan baik berbicara menggunakan bahasa inggris.

****

Mengenal Future Continuous Tense

Belajar bahasa Inggris memang gampang-gampang susah, namun jika kamu memang bersungguh-sungguh dalam belajar, maka kamu akan dengan mudah menguasai bahasa inggris. Salah satu hal yang perlu kamu kuasai terlebih dahulu yaitu tense. Tense sendiri terdapat beberapa macam. Pada kesempatan kali ini mari mengenal future continuous tense dalam bahasa inggris.

Future continuous tense merupakan salah satu tense yang ada di dalam bahasa inggris yang juga disebut dengan Futur Progressive Tense. Dimana penggunaan tense jenis ini untuk menunjukkan sebuah kejadian yang akan terjadi di waktu yang akan datang dan terus berlanjut untuk beberapa masa di waktu yang akan datang.

Rumus Future Continuous Tense

Setelah mengetahui kegunaan dari futue continuous tense ini maka selanjutnya kamu perlu mempelajari rumus dari future continuous tense. Berikut ini rumus dari future continuous tense

Kalimat Positif

S + will + be + verb ing

Contoh kalimat :

  • Deni will be staying with my sister for a month.

  • I will be reading for a minutes.

Kalimat Negatif

S + will + not + be + verb ing

Contoh kalimat :

  • Deni will not be staying with my sister for a month.

  • I will not be reading for a minutes.

Kalimat Interogatif

Will + S + be + verb ing

Contoh kalimat :

  • Will Deni be staying with my sister for a month?

  • Will I be reading for a minutes?

Fungsi Penggunaan Futur Continuous Tense

Setelah mengetahui rumus dari future continuous tense, maka selanjutnya kamu juga perlu mengetahui fungsi dari tense yang satu ini. Beberapa fungsi dari penggunaan future continuous tense ini antara lain:

  • Untuk merencanakan sebuah kejadian yang akan terjadi di waktu yang akan datang

  • Untuk memperkirakaan adanya kejadian yang akan terjadi di waktu yang akan datang.

  • Pada bentuk kalimat tanya, tense ini juga digunakan untuk menanyakan suatu informasi dengan sopan terkait dengan kejadian yang akan terjadi di waktu yang akan datang.

  • Untuk menunjukkan harapan kita di waktu yang akan datang dengan durasi tertentu.

  • Jika ditambah dengan kata “still” tense jenis ini menunjukkan sebuah kejadian yang terjadi di waktu sekarang dan berharap akan berlangsung sampai waktu yang akan datang.

Demikian penjelasan mengenai future continuous tense dalam bahasa inggris. Ketika kamu sudah memahami rumus dari tense satu ini maka kamu akan lebih mudah menerapkan bahasa inggris dalam kehidupan sehari-hari.


****


Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit, sed diam nonummy nibh euismod tincidunt ut laoreet dolore magna Veniam, quis nostrud exerci tation ullamcorper suscipit lobortis nisl ut aliquip ex ea commodo consequat.

0 Comments:

Posting Komentar

Contact Me

Cari Blog Ini

Adress/Street

Royal Mediterrania Garden 18 Jakarta

Phone number

085-781-069-761

Website

www.forum.graflit.com