Graforum Les Online

Les Bahasa Inggris

Les Mata Pelajaran SD-SMA

Kursus CPNS

Kerjakan Tugas Sekolah Bersama Kami

Kamis, 07 Mei 2020

Pengertian Klasifikasi Makhluk Hidup dalam Biologi



Di dunia ini makhluk hidup memang diciptakan dengan berbagai perbedaan. Perbedaan tersebut sering kali disebut dengan klasifikasi sebab perbedaan makhluk hidup dibedakan dari macam-macam jenis, nama, maupun tempat hidupnya. Lalu apa itu klasifikasi makhluk hidup? Simak penjelasan berikut ini.


Pengertian Klasifikasi Makhluk Hidup

Klasifikasi sendiri merupakan sebuah pengelompokkan sebuah unit menjadi beberapa golongan tertentu. Sedangkan klasifikasi makhluk hidup berarti pengelompokan makhluk hidup menjadi beberapa golongan tertentu.


Dari klasifikasi sendiri kamu bisa membedakan beberapa makhluk hidup menurut jenis atau

golongannya.


Klasifikasi makhluk hidup sendiri dilakukan dengan cara yang sistematis dan juga bertahap. Dari beberapa organisme yang sama dimasukkan atau digabungkan menjadi kelompok lagi. Setelah itu dicari kembali persamaannya sehingga membentuk sebuah kelompok yang lebih kecil.


Manfaat Klasifikasi Makhluk Hidup

Tentu tidak mungkin jika para ilmuwan biologi melakukan klasifikasi dari makhluk hidup jika tidak bermanfaat. Lalu apa saja manfaat dari klasifikasi makhluk hidup?


  1. Untuk mempermudah kamu dalam mengenal atau mempelajari makhluk hidup berdasarkan kelompoknya.

  2. Untuk mengetahui berbagai jenis kelompok atau golongan dari makhluk hidup.

  3. Untuk mengetahui hubungan kekerabatan antara satu organisme dengan organisme lain


Dasar Sistem Klasifikasi Makhluk Hidup

Saat melakukan klasifikasi maka para pakar akan menggunakan sistem tertentu sebagai dasar dalam menentukan klasifikasi makhluk hidup. Berikut ini dasar dari sistem klasifikasi makhluk hidup :


  1. Sistem Alamiah

Klasifikasi sistem alamiah merupakan sistem klasifikasi makhluk hidup berdasarkan takson yang sifatnya alamiah atau sudah sesuai dengan keadaan alam. Dasar yang digunakan pada sistem alamiah ini adalah sistem yang menggunakan persamaan dari sifat makhluk hidup tersebut.

  1. Sistem Artisifal (Buatan)

sistem artisifal merupakan sistem klasifikasi makhluk hidup secara buatan untuk keperluan yang praktis. Seperti contohnya klasifikasi makhluk hidup berdasarkan kegunaannya.

Contohnya yaitu tumbuhan yang dikelompokkan menjadi tumbuhan atau tanaman obat, tanaman yang dikelompokkan menjadi tanaman hias, atau tanaman yang dikelompokkan menjadi tanaman makanan pokok.

  1. Sistem Filogenetik

Sistem filogenetik merupakan sebuah sistem klasifikasi makhluk hidup berdasarkan kedekatan hubungan kerabat antara satu organisme dengan organisme lain. Sistem ini dibedakan berdasarkan beberapa kesamaan dari cirinya seperti struktur anatomi, etologi, maupun morfologi.

  1. Sistem Modern

Sistem modern sendiri merupakan sistem klasifikasi makhluk hidup yang dibentuk dengan dasar hubungan kekerabatan yang dimiliki oleh organisme satu dengan yang lainnya. Sistem ini menggabungkan beberapa sistem berdasarkan ciri-ciri gen, ciri-ciri biokimia, maupun ciri-ciri kromosomnya.


Tingkatan Takson dari Klasifikasi Makhluk Hidup

Berdasarkan taksonnya, klasifikasi makhluk hidup dibedakan menjadi beberapa tingkat seperti:


  1. Kingdom (kerajaan)

Kingdom merupakan tingkatan takson yang tertinggi dari semua takson makhluk hidup.

  1. Filuma atau Division (divisi)

Filuma merupakan tingkatan takson dengan jenis hewan, sedangkan division atau divisi merupakan tingkatan takson jenis tumbuhan.

  1. Classis (kelas)

Tingkat takson filuma dan juga divisi kemudian dikelompokkan lagi berdasarkan kelompok kelas dengan ciri-ciri khusus dan juga nama kelas yang berbeda-beda.

  1. Ordo (bangsa)

Tingkatan takson ordo merupakan tingkatan turunan setelah kelas. Dari kelompok kelas kemudian makhluk hidup di klasifikasikan lagi berdasarkan ordo atau bangsa dengan ciri-ciri yang lebih khusus.

  1. Familia (famili)

Dari kelompok klasifikasi ordo, kemudian makhluk hidup dibedakan lagi berdasarkan ciri-ciri khususnya dan membentuk sebuah kelompok familia. Kelompok familia memiliki nama akhiran "ceae" seperti Astereceae dan lain sebagainya.

  1. Genus (marga)

Anggota dari setiap kelompok takson familia kemudian dipisahkan lagi dengan ciri-ciri yang lebih khusus dan diberi nama kelompok genus atau marga.

  1. Species (jenis)

Tingkatan species merupakan tingkayan takson yang paling rendah dari beberapa takson lainnya. Kelompok dari takson ini memiliki persamaan ciri yang lebih banyak lagi sebab pengelompokkannya menjadi lebih kecil dan lebih khusus lagi.

  1. Varietas atau Ras

Jenis tingkatan ini merupakan sebuah organisme yang berada dalam satu tempat yang sama dan perbedaannya sangat jelas terlihat. Varietas sendiri digunakan pada tumbuhan, sedangkan ras digunakan pada hewan.


Nah, itulah beberapa pengertian dan juga jenis dari klasifikasi makhluk hidup. Dari situlah kamu bisa membedakan makhluk hidup dari beberapa jenisnya.


Mau les online bahasa Inggris dan mata pelajaran lain? Kamu bisa hubungi WA 085-781-069-761 atau klik pada link ini. Les online lebih murah dan mudah dilakukan di mana-mana!

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit, sed diam nonummy nibh euismod tincidunt ut laoreet dolore magna Veniam, quis nostrud exerci tation ullamcorper suscipit lobortis nisl ut aliquip ex ea commodo consequat.

0 Comments:

Posting Komentar

Contact Me

Cari Blog Ini

Adress/Street

Royal Mediterrania Garden 18 Jakarta

Phone number

085-781-069-761

Website

www.forum.graflit.com