Graforum Les Online

Les Bahasa Inggris

Les Mata Pelajaran SD-SMA

Kursus CPNS

Kerjakan Tugas Sekolah Bersama Kami

Rabu, 06 Mei 2020

Mengenal Eksponen dan Logaritma dalam Matematika


Pasti kamu udah gak asing lagi nih sama materi yang satu ini. Materi yang pertama kali kamu kenal di jenjang SMA ini menjadi salah satu bagian dalam matematika. Tidak dapat dipungkiri materi ini harus kamu jumpai dan kuasai, terutama buat kamu yang masuk ke jurusan MIPA. Tak jarang kamu mengeluh tidak dapat mengerjakan, itu terjadi karena kamu tidak memahaminya.
Jadi sebenarnya, kunci agar kamu dapat mengerjakan soal logaritma dan eksponen adalah kamu paham betul apa yang di maksud dengan eksponen dan juga logaritma. Yaitu dengan cara mengenalinya terlebih dahulu, dengan hal tersebut kamu akan semakin mudah untuk memahaminya. Maka dari itu, simak penjelasan dibawah ini agar kamu semakin mengenal eksponen dan logaritma.

Eksponen

Apasih eksponen itu? Eksponen adalah bentuk perkalian dengan bilangan yang sama kemudian dilakukan secara berulang. Sebenarnya untuk mengerjakan eksponen kamu tidak hanya memerlukan kemampuan dalam perkalian, tapi juga kamu harus mengenal dan memahami sifat – sifat dan juga bentuk lainnya dari eksponen. Supya semakin memahami, ini nih sifat – sifat dari eksponen
  1. am . an = nm + n jika berbentuk perkalian, mengerjakannya dengan cara menjumlahkan pangkatnya.
  2. am : an = am – n jika berbentuk pembagian, maka pangkatnya harus dikurang.
  3. (am)n = am x n jika di dalam kurung, mengerjakannya dengan mengalikan pangkatnya.
  4. (a . b)m = am . bm jika bentuknya seperti ini, maka cara mengerjakannya setiap bilangan pokok dikalikan dengan pangkat.
  5. Untuk yang satu ini, memiliki syarat penyebutnya tidak boleh sama dengan 0

  1. Pada sifat ini, jika (an)di bawah itu positif, maka saat dipindahkan ke atas menjadi negative, begitu juga sebaliknya
  1. Pada sifat ini, kamu bisa lihat terdapat akar n dari am. Ketika disederhanakan, maka n akan menjadi penyebut dan m menjadi pembilang. Syaratnya adalah n harus lebih besar sama dengan 2.


  1. a0 = 1. Untuk sifat yang satu ini syaratnya a tidak boleh sama dengan 0.

Logaritma

Supaya kamu semakin mengenal apa itu logaritma, maka simak pengertiannya. Pengertian dari logaritma adalah suatu invers atau kebalikan dari pemangkatan atau eksponen yang digunakan untuk menentukan besar pangkat dari suatu bilangan pokok. Jadi sebenarnya fungsi logaritma adalah untuk mengetahui besar pangkat dari suatu bilangan yang telah diketahui hasil pangkatnya.
Banyak yang mengatakan bahwa mencari bilangan pangkat itu mudah, seperti 5 pangkat berapa yang hasilnya 25, pasti kamu sudah mengetahui jawabannya tanpa berpikir panjang. Tapi bagaimana bila kamu menemukan hasil pangkat berbentuk desimal? Pasti bingung bukan? Maka dari itu logaritma sangat dibutuhkan ketika seperti ini.
Bentuk umum logaritma adalah jika an = x maka alog x = n, dengan a adalah bilangan pokok atau basis, dengan syarat a>0 dan a≠1, sedangkan x adalah vilangan yang dicari nilai logaritmanya atau numerus dengan syarat x>1, dan n adalah besar pangkat atau nilai logaritma. Agar semakin mengasai logaritma, ini nih beberapa sifat logaritma.

Setelah mengenal apa itu eksponen dan logaritma beserta sifat – sifatnya, maka kamu dapat memahami dengan mudah dan juga tepat. Jangan pernah beranggapan bahwa matematika itu sulit kalau kamu belum mencobanya.

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit, sed diam nonummy nibh euismod tincidunt ut laoreet dolore magna Veniam, quis nostrud exerci tation ullamcorper suscipit lobortis nisl ut aliquip ex ea commodo consequat.

0 Comments:

Posting Komentar

Contact Me

Cari Blog Ini

Adress/Street

Royal Mediterrania Garden 18 Jakarta

Phone number

085-781-069-761

Website

www.forum.graflit.com