Graforum Les Online

Les Bahasa Inggris

Les Mata Pelajaran SD-SMA

Kursus CPNS

Kerjakan Tugas Sekolah Bersama Kami

Jumat, 29 Mei 2020

10 Idiom dalam Bahasa Inggris Beserta Maknanya


Dalam penerapan bahasa inggris, idiom yang merupakan sebuah kata atau ungkapan akan diucapkan berbeda dengan kata aslinya. Kebanyakan idiom akan sering digunakan untuk menggambarkan sebuah kejadian yang tidak perlu diucapkan secara bertele-tele karena hampir semua orang sudah paham dengan kalimat tersebut.

Pada dasarnya idiom lebih banyak digunakan untuk percakapan bahasa Indonesia, namun nyatanya bahasa inggris juga memiliki banyak sekali idiom loh. Kamu juga perlu belajar bahasa idiom. Mengapa begitu? Sebab, dengan mempelajari dan menguasai idiom kamu akan lebih tahu tentang ungkapan yang digunakan native speakers maka dengan begitu kamu akan lebih percaya diri katika berbicara dengan banyak orang. Berikut ini 10 idiom bahasa inggris beserta artinya.

A piece of cake

Idiom pertama yang sangat sering digunakan yaitu a piece of cake atau yang artinya yaitu ‘sepotong kue’. Mungkin hal tersebut akan cukup umum didengar namun apakah kamu tahu artinya? Sepotong kue diartikan sebagai sesuatu yang sangat mudah dengan kata lain kamu tidak membutuhkan banyak usaha untuk hal tersebut.

Judge a book by its cover

Idiom kedua yang sering digunakan yaitu kata-kata ‘don’t judge a book by its cover’. Dan hal tersebut tentu akan sangat umum dan sangat sering kamu dengar bukan. Secara harfiah kalimat tersebut memiliki arti yaitu ‘menilai buku dari tampilannya;. Namun ketika membaca dari idiom, kalimat ini memiliki arti yang berbeda. Dimana kalimat tersebut memiliki makna bahwa ‘jangan nilai seseorang hanya melalui tampilannya saja.

Kalimat idiom ini memberikan arti bahwa ketika kamu hendak menilai seseorang kamu tidak boleh menilainya hanya melalui tampilannya saja atau dari apa yang terlihat saja. Kamu juga harus melihat sisi lain dari orang tersebut sebelum kamu menarik kesimpulan dari sifat seseorang.

Break a leg

Mungkin kalimat tersebut akan terdengar cukup aneh, pasalnya jika diartikan ‘break e leg’ memiliki arti lengan yang patah. Namun, pada idiom bahasa inggris kata ‘break a leg’ ini diartikan sama dengan ‘good luck’ yaitu semoga sukses. Kata tersebut biasanya digunakan untuk memberikan semangat kepada seseorang atas apa yang akan ia capai.

No pain no gain

Idiom selanjutnya yang sering digunakan dalam bahasa inggris yaitu ‘no pain no gain’. Jika diartikan secara harfiah arti dari kalimat tersebut yaitu ‘tidak ada pengorbanan, tidak ada hasil’. Namun ketika diartikan dengan idiom, maka ‘no pain no gain’ diartikan dengan peribahasa ‘berakit-rakit kehulu, berenang-renang ketepian’ yang artinya bersakit-sakit dahulu, bersenang-senang kemudian.

Get out of hand

Idiom selanjutnya ada kalimat ‘get out of hand’. Idiom yang satu ini memiliki artian yang berbeda dengan artian sebenarnya. Pada kalimat ini dimaksudkan untuk menjelaskan bahwa sesuatu yang terjadi merupakan kejadian diluar kendali. Maksudnya seseorang yang tidak sengaja melakukan kesalahan yang mengakibatkan sebuah hal yang fatal tersebut diluar kendali mereka.

Call it a day

Jika diartikan kalimat ini memiliki arti ‘memanggil hari’. Namun ketika diartikan sebagai idiom, ‘call it a day’ lebih diartikan sebagai kondisi seseorang berhenti bekerja atau berhenti dalam melakukan aktivitas karena memang sudah tidak ingin untuk melakukan hal tersebut. Dapat pula diartikan bahwa seseorang tersebut sudah selesai dalam pekerjaannya ataupun sudah malas dengan pekerjaan atau aktivitas tersebut.

To feel under the weather

Idiom yang satu ini mungkin dikatakan memiliki arti yang sangat mirip dengan kalimat sesungguhnya. Kalimat idiom ini digunakan untuk menjelaskan bahwa keadaan seseorang sedang tidak baik atau sedang sakit.

A blessing in disguise

Mungkin akan sedikit yang paham tentang idiom satu ini. jika diartikan kalimat ini menjadi ‘berkat yang menyamar’. Apa artinya? Arti dalam idiom, berkat yang menyamar tersebut yaitu dimana seseorang mengalami kemalangan atau hal buruk namun ternyata hal tersebut akan berubah menjadi hal yang baik dikemudian hari.

Kill two birds with one stone

Idiom satu ini sama artinya dengan peribahasa bahasa Indonesia yaitu ‘sambil menyelam minum air’. Dimana artian dari kalimat ini yaitu 2 pekerjaan atau 2 aktivitas yang dilakukan pada waktu yang sama dan selesai dalam waktu yang sama pula. Dengan begitu artinya bahwa seseorang lebih menghemat waktu pengerjaan.

Beat around the bust

Jika diartikan dalam bahasa Indonesia, kalimat ini diartikan sebagai ‘berputar disemak-semak’. Jika ditelaah bahwa ketika kamu berputar disemak-semak maka kamu tidak akan menghasilkan sesuatu bahkan kamu hanya akan menemukan 1 hal saja yaitu semak-semak. Dengan begitu idiom satu ini diartikan sebagai seseorang yang sedang berbicara secara bertele-tele atau tidak langsung berbicara pada intinya saja.

Nah, itulah 10 idiom pada bahasa inggris beserta artinya yang sangat sering ditemukan dan sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Jadi, idiom mana yang sering kamu gunakan dalam sehari-hari?

Mau les online bahasa Inggris dan mata pelajaran lain? Kamu bisa hubungi WA 085-781-069-761 atau klik pada link ini. Les online lebih murah dan mudah dilakukan di mana-mana!



Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit, sed diam nonummy nibh euismod tincidunt ut laoreet dolore magna Veniam, quis nostrud exerci tation ullamcorper suscipit lobortis nisl ut aliquip ex ea commodo consequat.

0 Comments:

Posting Komentar

Contact Me

Cari Blog Ini

Adress/Street

Royal Mediterrania Garden 18 Jakarta

Phone number

085-781-069-761

Website

www.forum.graflit.com