Graforum Les Online

Les Bahasa Inggris

Les Mata Pelajaran SD-SMA

Kursus CPNS

Kerjakan Tugas Sekolah Bersama Kami

Sabtu, 25 April 2020

Ketahui Beberapa Majas Bahasa Indonesia Beserta Contohnya


Dijadikan  sebagai mata pelajaran wajib di setiap jenjang pendidikan bukan lagi hal yang mengejutkan, terutama bagi para siswa. Mata pelajaran bahasa indonesia  yang selalu menemani masa-masa indah di bangku sekolah ini memiliki materi yang akan terus berulang di setiap jenjangnya. Contohnya majas bahasa Indonesia, materi ini dipelajari di jenjang SMP dan kembali diperdalam lagi di SMA. 

Manfaat dari mempelajari majas bahasa Indonesia juga bisa dirasakan secara langsung ketika kamu bersosialisasi dengan masyarakat. Memiliki jenis dan kegunaannya masing-masing, membuat kamu harus teliti saat memahaminya. Dan inilah beberapa jenis dari majas bahasa Indonesia dan contohnya yang biasa dipelajari dan digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Majas Personifikasi   

Gaya bahasa yang digunakan dalam majas personifikasi yang ungkapannya seolah – olah menggantikan fungsi benda mati sehingga dapat bersikap seperti manusia.. Contohnya adalah Pepohonan di hutan itu tampak sedih karena musim kemarau panas’. Kata sedih yang seharusnya digunakan untuk manusia, kali ini dijadikan sifat untuk benda mati seperti pepohonan. Seperti inilah cara kerja majas personifikasi, mengorangkan benda mati.

Majas Metafora

Majas metafora menggunakan sebuah objek yang bersifat sama dengan pesan yang ingin disampaikan melalui sebuah ungkapan. Jadi, sebuah objek dibandingkan dengan objek lain yang sifatnya serupa dengan objek tersebut, tetapi bukan manusia. Contohnya adalah ‘Lia selalu menjadi buah bibir karena tingkah lakunya yang urakan’. Berbeda dengan majas personifikasi, majas metafora ini mengungkapkan sesuatu dengan cara tidak langsung dan diganti dengan sesuatu yang sepadan.  

Majas Asosiasi

Majas asosiasi adalah sebuah ungkapan dengan cara membandingkan dua objek yang berbeda namun dianggap sama, yang selalui diikuti dengan kata sambung seperti bagaikan, bak, atau seperti. Dalam majas ini perbandingannya disampaikan secara implisit, sehingga mengharuska pembaca untuk memahami sendiri arti dari perumpamaan yang digunakan. 

Contohnya adalah ‘Dia sungguh mengecewakan sikapnya bak pagar makan tanaman’. Kata pagar makan tanaman mengungkapkan perbandingan betapa kecewanya si ‘dia’ karena orang yang seharusnya melindungi dia tetapi malah mamanfaatkannya untuk memenuhi keinginan pribadinya. 

Majas Hiperbola

Majas hiperbola adalah majas yang mengungkapkan sesuatu secara berlebihan, bahkan terkadang membandingkan dengan cara yang hampir tidak masuk akal. Contohnya adalah ‘ Lari marathon sungguh melelahkan sampai kakiku terasa mau lepas. Bukankah itu berlebihan? Bagaimana bisa kaki terlepas hanya karena kamu lari marathon?. Seperti itulah cara kerja majas hiperbola, kamu bisa juga memberi tanda pada majas ini dengan mencari kata-kata yang terkesan lebay.

Kira-kira empat majas bahasa Indonesia itulah yang sering dipelajari dan digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Kami akan kembali dengan informasi tentang majas bahasa Indonesia lengkap lainnya ya. Nah, kamu sekarang sudah memahami majas bahasa Indonesia beserta contohnya di atas, bukan? Betapa menyenangkan belajar majas bahasa Indonesia, karena pengetahuan berbahasamu pun menjadi lebih kaya.

Mau les online bahasa Inggris dan mata pelajaran SD-SMA? Kamu bisa hubungi WA 085-781-069-761 atau klik pada link ini. Les online lebih murah dan mudah dilakukan di mana-mana!


Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit, sed diam nonummy nibh euismod tincidunt ut laoreet dolore magna Veniam, quis nostrud exerci tation ullamcorper suscipit lobortis nisl ut aliquip ex ea commodo consequat.

0 Comments:

Posting Komentar

Contact Me

Cari Blog Ini

Adress/Street

Royal Mediterrania Garden 18 Jakarta

Phone number

085-781-069-761

Website

www.forum.graflit.com